Breaking News
Command Center Polda Lampung Siap Kawal Pengamanan Event WSL Pro Krui 2024 PSM Sukses Rayakan Ulang Tahun ke-21 Gubernur Arinal Djunaidi Melantik Pengurus Persatuan Pensiunan Indonesia Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2024-2029 Lampung Selatan — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sekaligus Ketua Pengurus Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) Provinsi Lampung melantik Pengurus PPI Kabupaten Lampung Selatan Di Balai Desa Tanjung Sari Kecamatan Natar Lampung Selatan, Rabu (22/5/2024). Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) adalah wadah organisasi kemasyarakatan yang menjadi tempat berhimpun para pensiunan PNS/ ASN Pusat dan Daerah, Pensiunan Karyawan BUMN dan BUMD, Pensiunan Pejabat Negara baik yang berasal dari eksekutif, legislatif, dan yudikatif bahkan sampai ke mantan kepala desa dan perangkat desa seluruh Indonesia yang berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Repubik Indonesia Tahun 1945. Pelantikan pengurus PPI Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan hari ini berdasarkan Surat Keputusan Pengurus PPI Provinsi Lampung No. 18/02/PI LPJ/V/2024 tentang Penetapan Pengurus Persatuan Pensiunan Indonesia Kabupaten Lampung Selatan masa bakti 2024-2029. Dalam Surat keputusan tersebut ditetapkan Pembina PPI Kabupaten Lampung Selatan adalah Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan, Penasehat Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan dan Ketua PPI Kabupaten Lampung Selatan H. Sahlani, SH.,M.H. Pengukuhan secara resmi Pengurus PPI Kabupaten Lampung Selatan oleh Gubernur Lampung yang juga Ketua PPI Provinsi Lampung ditandai dengan penyerahan bendera Pataka PPI dari Ketua PPI Provinsi Lampung Arinal Djunaidi Kepada Ketua PPI Kabupaten Lampung Selatan H. Sahlani. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung) Gubernur Arinal Djunaidi Hadiri Pengajian Akbar dan Berikan Sejumlah Bantuan di Kabupaten Way Kanan Unila Gelar Wisuda Periode V 2023/2024 dengan 754 Lulusan, Ada Momen Haru

HKN 2023, Dinsos Lampung Serahkan Bantuan Sembako dan Logistik Gubernur Untuk Pencegahan Stunting

Bandar Lampung — Pada acara puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Rabu (29/11/2023), Dinas Sosial Provinsi Lampung menyerahkan bantuan sembako dan logistik dari Gubernur Lampung untuk pencegahan stunting.

Penyerahan secara simbolis paket sembako sebesar Rp500 Ribu kepada 1.880 KPM, yakni masyarakat miskin dan ibu hamil/ibu memiliki balita dalam program percepatan penurunan stunting yang tersebar di 5 Kabupaten rawan stunting, diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si.

Adapun nama-nama balita penerima secara simbolis bansos untuk pencegahan stunting yakni :
1. Azzahra Ramadhani, dari Desa Suka Jawa, Kec. Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah.
2. Faras Fauzan, Desa Suka Jawa, Kec. Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah.
3. Zahra Fika Aulia, Desa Suka Jadi, Kec. Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah
4. Chelsi Chandra Kirana, Desa Suka Jadi, Kec. Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah.
5. Rafa Gaffar Pratama, Desa Purbosembodo, Kec. Metro Kibang
6. Putri Apriliona, Desa Purbosembodo, Kec. Metro Kibang.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si mendampingi Sekda Prov. Lampung Fahrizal Darminto, menyerahkan bantuan logistik dan paket sembako untuk pencegahan stunting, di acara HKN 2023, Rabu (29/11/2023).

Gubernur Lampung melalui Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa salah satu unsur utama dan penting yang sangat mendukung dalam upaya mewujudkan ‘Rakyat Lampung Berjaya’ adalah bidang kesehatan.

“Salah satu prasyarat kita mencapai ‘Rakyat Lampung Berjaya’ salah satunya itu adalah harus sehat. Paling tidak dari tiga indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia) itu menjadi indikator utama, pertama, masyarakat harus sehat jasmani dan rohani, kedua, harus memiliki pendidikan sehingga bisa menciptakan kehidupan yang cerdas yang produktif dan berdaya saing, ketiga kita harus memiliki kekuatan ekonomi, punya daya beli yang kuat sehingga bisa sejahtera inilah sebetulnya esensi dari tujuan kita dari pembangunan menuju Rakyat Lampung Berjaya,” ucapnya.

Sekdaprov menyampaikan bahwa dibawah kepemimpinan Gubernur Lampung, saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung mampu mencapai 70,45%, bahkan beberapa Kabupaten/Kota menunjukkan IPM yang melebihi rata – rata Nasional.

“Alhamdulillah dibawah kepemimpinan bapak gubernur IPM kita sekarang sudah mencapai 70,45% dan ini termasuk kategori tinggi, dan diantara kabupaten kota se-Provinsi Lampung, ada 3 (tiga) kabupaten kota IPM-nya jauh diatas rata-rata nasional dan ini prestasi dari kita semua dan pak gubernur mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua komponen pembangunan,” lanjutnya.

Dalam bidang pendidikan, Sekdaprov menyampaikan bahwa Pendidikan di provinsi Lampung sudah semakin membaik dan akses masyarakat terhadap pendidikan semakin baik ini berarti masyarakat Lampung semakin berpendidikan, terpelajar dan baik.

Sekdaprov juga menyebutkan bahwa Tingkat Universal Health Coverage (UHC) di Provinsi Lampung juga tinggi.

hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini, itu adalah pesan pak gubernur,” tegasnya.

Diakhir, Sekdaprov menyebutkan bahwa Provinsi Lampung saat ini masuk 3 provinsi terbaik dalam menangani stunting.

“Alhamdulillah kita termasuk 3 provinsi terbaik dalam menangani stunting, sangat progresif dan untuk itu maka pemerintah provinsi Lampung mendapat penghargaan dalam bentuk dana insentif oleh karena keberhasilan kita menurunkan angka stunting,” pungkasnya.

Perlu diketahui, acara HKN 2023 dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. dalam rangkaian acara, Sekdaprov juga menyerahkan Penghargaan atas jasa Penanganan Covid-19, dan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas dan Rumah Sakit serta SDM Penunjang Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Selain itu, Sekdaprov juga memberikan penghargaan kepada Pemenang Lomba dan Bantuan dalam rangka HKN ke-59 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 bersama Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi Lampung Mamiyani Fahrizal.

Acara turut dihadiri Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Edwin Rusli, serta Forkopimda Provinsi Lampung.